Tautan-tautan Akses

Pejabat AS Yakin Baitullah Mehsud Telah Tewas


Penasihat keamanan nasional Presiden Amerika Barack Obama menyatakan, Amerika Serikat meyakini pemimpin Taliban Pakistan, Baitullah Mehsud telah tewas.

Jenderal Purnawirawan Jim Jones hari Minggu mengatakan pada suatu acara televisi Amerika (Fox News Sunday) bahwa semua bukti yang dimiliki membuat Washington berpendapat Mehsud tewas pekan lalu. Berbagai laporan dari Pakistan menyatakan Mehsud tewas akibat serangan rudal Amerika terhadap tempat tinggal ayah mertuanya.

Jones mengatakan tampaknya ada perselisihan pada organisasi yang dipimpin Mehsud, akan tetapi ia tidak dapat mengukuhkan laporan hari Sabtu mengenai baku tembak yang melibatkan dua komandan Taliban yang saling bersaing untuk menjadi pengganti pemimpin mereka itu.
Menurut para pejabat Pakistan, ada laporan mengenai dugaan pertikaian dalam suatu pertemuan antara Wali-ur-Rehman dan Hakimullah Mehsud, dan salah seorang di antara mereka tewas.

Komandan Taliban lainnya, Noor Sayed, menyangkal terjadi konfrontasi semacam itu. Reuters hari Sabtu memberitakan bahwa Rehman memanggil salah seorang wartawan kantor berita itu untuk menyangkal terjadinya pertemuan tersebut.


XS
SM
MD
LG