Tautan-tautan Akses

PBB: Situasi Keamanan Halangi Pemilu Afghanistan


Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan situasi tidak aman di Afghanistan menghalangi kebebasan bergerak para kandidat presiden dan mengurangi kampanye terbuka mereka.

Misi PBB di Afghanistan dan Komisi HAM Afghanistan yang independen dalam laporan bersama mereka yang dikeluarkan hari Minggu, memberikan penilaian mengenai kampanye pemilihan presiden 20 Agustus mendatang.

Para pengamat mengatakan meskipun hak politik para kandidat dan pendukung mereka "secara umum dihormati", namun sejumlah kekerasan tetap terjadi.

Laporan itu menunjuk pada kecenderungan meningkatnya aksi intimidasi dari " elemen-elemen anti pemerintah", dari para kandidat dan pendukungnya. Laporan itu juga mencatat telah terjadi empat peristiwa pembunuhan yang terkait dengan pemilu pada dua minggu terakhir Juli.

Para pengamat juga mengatakan para kandidat perempuran mengalami kesulitan berkampanye dan kaum perempuan di hilangkan dari daftar pemilih. Keprihatinan lainnya adalah adanya dugaan fasilitas pemerintah termasuk media publik dipergunakan untuk kepentingan para kandidat tertentu.


XS
SM
MD
LG