Tautan-tautan Akses

Media Indonesia Mengatakan Noordin Top Tewas


Televisi Indonesia melaporkan bahwa pemimpin teroris telah tewas dalam pengepungan dan tembak –menembak 17 jam terhadap sebuah rumah yang diyakini sebagai persembunyian para gembong teroris Islamis.

Polisi mengatakan mereka sedang berusaha mengenali satu mayat yang ditemukan di rumah di pedesaan Temanggung, Jawa Tengah itu, setelah tembak-menembak yang berlangsung lama berakhir Sabtu pagi. Beberapa laporan mengatakan satu dari sedikitnya dua mayat yang dikeluarkan dari rumah itu adalah jenazah Noordin Top – salah seorang tersangka teror yang paling dicari di Asia Tenggara.

Sydney Jones , ahli terorisme dari International Crisis Group [ICG] mengatakan
Berdasarkan konfirmasi dari polisi, saya berpendapat bahwa Noordin Top telah tewas, tetapi itu tidak berarti akhir dari terorisme di Indonesia , karena meskipun seluruh kelompok yang terlibat dalam pemboman Marriot telah tertangkap, itu tidak berarti terorisme telah terhapus dari Indonesia. Namun penangkapan ini merupakan kemajuan sangat besar.

Tembak-menembak, yang mulai Jumat malam di tempat yang dicurigai sebagai persembunyian itu, terus berlanjut hingga Sabtu, di mana orang-orang bersenjata menembak-balik dari dalam kompleks tersebut terhadap satuan khusus anti-teror. Ledakan-ledakan kedengaran dan asap kelihatan mengepul dari rumah itu setelah subuh, Sabtu.

Noordin Top kelahiran Malaysia telah dikaitkan dengan serangan-serangan teror di Indonesia dan dengan kelompok Jemaah Islamiyah Asia Tenggara yang berhubungan dengan al-Qaida.

Komplotan Noordin telah dicurigai tersangkut dalam peledakan di hotel Marriott dan Ritz-Carlton di Jakarta17 Juli, yang menewaskan 9 orang dan melukai lebih dari 50 orang.


XS
SM
MD
LG