Tautan-tautan Akses

Dua Jurnalis AS Terkejut Bill Clinton Membebaskannya


Dua jurnalis Amerika yang ditahan hampir lima bulan di Korea Utara kembali ke Amerika dan kembali berkumpul dengan keluarga mereka setelah mantan presiden Bill Clinton mengusahakan pembebasan mereka.

Pesawat yang membawa Laura Ling, Euna Lee dan mantan presiden Bill Clinton tiba di Burbank, California, Rabu ini. Clinton terbang ke Pyong Yang dan bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il.

Dua jurnalis dan Clinton disambut hangat ketika keluar dari pesawat. Presiden Barack Obama mengatakan “sangat lega” dengan pembebasan itu. Sekjen PBB Ban Ki Moon menyambut baik kepulangan dua wartawati itu.

Korea Utara menahan Ling dan Lee pada bulan Maret lalu. Sebuah pengadilan kemudian menghukum mereka 12 tahun kerja paksa karena menyeberangi perbatasan dari Tiongkok ke Korea Utara secara ilegal dan melakukan tindakan bermusuhan.

Berbicara di dalam bandara, Ling mengatakan ia dan Lee selalu ketakutan mereka bisa dikirim ke kamp kerja paksa setiap saat. Ling menambahkan mereka terkejut ketika para pejabat Korea Utara memanggil mereka untuk menghadiri pertemuan dimana mereka melihat mantan presiden Clinton. Ling mengatakan ia kemudian sadar, mimpi buruk mereka segera berakhir.

XS
SM
MD
LG