Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton Tiba di Kenya, Lawatan Pertama ke Afrika


Menteri Luar Negeri Amerika, Hillary Clinton tiba di Kenya, persinggahannya pertama dalam lawatannya ke 7 negara di Afrika.

Pesawat Menteri Luar Negeri Clinton mendarat di Nairobi hari Selasa. Lawatannya selama 11 hari itu bertujuan untuk menunjukkan bahwa Afrika adalah prioritas utama dalam kebijakan luar negeri Pemerintahan Obama.
Hari Rabu Menteri Clinton akan berpidato dalam sebuah forum di Nairobi dalam upaya meningkatkan perdagangan Amerika dengan kurang lebih 40 negara Afrika.

Amerika memberikan akses bebas pajak dan bebas kuota untuk banyak barang impor Afrika sub Sahara tahun 2000 berdasarkan Undang-undang Kesempatan dan Pertumbuhan Afrika atau AGOA.

Menteri Clinton juga akan bertemu dengan Presiden Kenya Mwai Kibaki dan Perdana Menteri Raila Odinga. Dia diperkirakan akan mendesak kedua orang yang pernah bersaing itu agar mempercepat rekonsiliasi berlandaskan perjanjian berbagi kekuasaan tahun 2008 yang mengakhiri gelombang kekerasan yang disulut oleh pemilihan tahun 2007 yang disengketakan.


XS
SM
MD
LG