Tautan-tautan Akses

Inggris Adili Anggota Militer yang Tolak Tugas di Afghanistan


Anggota tentara Inggris, Lance Corporal Joe Glenton yang menolak untuk ditugaskan kembali ke Afghanistan hari Senin dihadapkan pada Pengadilan Militer. Ia menjadi anggota tentara Inggris pertama yang mempersoalkan di pengadilan bahwa operasi tempur di Afghanistan melanggar hukum.

Pada sidang pendahuluan di Inggris barat daya itu Glenton mengenakan seragam loreng tempur. Seorang pembelanya menjelaskan Glenton yang berumur 27 tahun menolak tuduhan bahwa ia meninggalkan satuan atau desertur.

Pekan lalu Glenton mengirim surat ke kantor Perdana Menteri Gordon Brown meminta pasukan Inggris ditarik dari Afghanistan sebab misi Inggris di sana akan gagal. Dalam surat itu Glenton juga mengatakan perang di Afghanistan tidak mengurangi risiko terorisme sementara menimbulkan kematian serta kehancuran luas pada Afghanistan.

Sidang pengadilan militer atas dirinya dimulai pada saat jumlah tentara Inggris yang tewas melonjak ke angka tertinggi sejak serangan pimpinan Amerika terhadap Taleban dimulai bulan Oktober 2001. Sidang pengadilan atas dirinya dilanjutkan pada awal September.


XS
SM
MD
LG