Tautan-tautan Akses

AS Pertimbangkan Sanksi Baru Terhadap Iran


Beberapa laporan baru yang mengutip pejabat-pejanat Barat yang tidak disebut namanya mengatakan Amerika tengah memelopori upaya untuk mengenakan sanksi baru terhadap industri minyak Iran jika Iran menolak membicarakan program nuklirnya.

Menurut laporan yang diterbitkan hari Senin, pejabat-pejabat Amerika telah membicarakan dengan negara sekutu sekitar usul agar perusahaan-perusahaan berhenti mengirim produk minyak seperti bensin dan bahan bakar lain kepada Iran.

Disamping ladang minyaknya yang luas, industri perminyakan Iran tidak mampu menghasilkan cukup minyak untuk kebutuhan domestik. Suratkabar New York Times memberitakan, para pejabat Amerika telah membahas kemungkinan menindak perusahaan-perusahaan yang ekspornya ke Iran mencapai sekitar 40% dari konsumsi minyak bensin Iran.

Hari Senin menteri luar negeri Amerika, Hillary Clinton menolak untuk membicarakan apakah ada sesuatu usul spesifik yang sedang dipertimbangkan. Tetapi ia mengatakan tanpa jawaban positif dari pemerintah Iran, masyarakat internasional akan membahas langkah berikutnya dalam isu nuklir Iran.


XS
SM
MD
LG