Tautan-tautan Akses

Nigeria Utara Kembali Tenang Setelah Kerusuhan Sepekan


Para pejabat pemerintah dan kesehatan di kota Maiduguri, Nigeria utara menyingkirkan mayat-mayat dari jalan-jalan, Sabtu, sementara keadaan tenang kembali sesudah terjadi kerusuhan sepekan yang menewaskan ratusan orang.

Para pejabat kepolisian terus mencari para anggauta kelompok militan Islamis yang dikenal sebagai Boko Haram yang disalahkan atas timbulnya aksi kekerasan yang terjadi Ahad baru lalu setelah pasukan keamanan menangkap beberapa dari pemimpin kelompok itu. Selama 5 hari, kelompok militan itu menyerang kantor-kantor polisi, gereja-gereja dan gedung-gedung pemerintah.

Pasukan keamanan kemudian bertindak, menewaskan sedikitnya 100 anggota Boko Haram. Para pejabat mengatakan, ribuan orang mengungsi karena pertempuran itu.

Pada hari Kamis, pemimpin kelompok itu, Mohammad Yusuf, tewas oleh polisi. Para pejabat mengatakan, dia tewas karena tembak-menembak dekat markas besarnya di Maiduguri, tetapi berbagai kelompok HAM internasional telah menyerukan agar dilakukan investigasi atas pemebunuhan itu.



XS
SM
MD
LG