Tautan-tautan Akses

Obama: Pemulihan Ekonomi AS Mulai Terlihat


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan Amerika mulai melihat permulaan dari akhir resesi, katanya kebijakan pemerintahannya telah berhasil menghentikan kejatuhan ekonomi.

Obama berbicara di North Carolina Rabu guna menggalakkan agenda pelayanan kesehatannya, tetapi ia lebih dulu berbicara tentang ekonomi.

Ia mengatakan usaha untuk menyelamatkan bank-bank bermasalah berhasil menghindarkan ambruknya sektor finansial, sementara langkah-langkah untuk membantu bisnis otomotif telah berhasil menyelamatkan ratusan ribu lapangan pekerjaan dalam ekonomi.

Ia mengatakan, perlu waktu untuk mencapai pemulihan sepenuhnya.

Sebuah laporan dari Bank Sentral Amerika, the Federal Reserve, mengatakan tingkat penurunan ekonomi kini melamban.

Survei terhadap bisnis memperlihatkan kegiatan ekonomi masih lemah di kebanyakan distrik, tetapi ada tanda-tanda terjadi stabilisasi.

Dalam perkembangan terpisah, dana Moneter Internasional atau IMF mengatakan pihaknya mengalokasikan 17 miliar dolar selama lima tahun kedepan untuk membantu negara-negara berpendapatan rendah menghadapi krisis finansial.

Dalam pengumuman hari Rabu, IMF mengatakan pihaknya juga menunda pemungutan suku bunga untuk pinjaman tertentu dari negara berkembang sampai tahun 2011.

Bank internasional ini mengatakan krisis finansial ditambah kenaikan tajam harga pangan dan bahan bakar tahun 2007 telah menciptakan kebutuhan pendanaan mendesak untuk negara-negara miskin.

Sebagai contoh, bank mengatakan peminjaman pada Sub Sahara Afrika untuk tengah tahun pertama tahun ini telah mencapai 2 koma 7 miliar dolar, ini dua kali jumlah yang dialokasikan pada tahun 2008.

IMF mengatakan, pihaknya akan mampu menyediakan sekitar 8 miliar dalam bentuk sumber daya baru dalam dua tahun kedepan. Katanya, IMF akan mengumpulkan dana sebesar itu dengan menjual cadangan emasnya.



XS
SM
MD
LG