Tautan-tautan Akses

Iran Siap Bebaskan Tokoh Reformis Terkemuka


Seorang jurubicara kehakiman Iran mengatakan tokoh reformis terkemuka yang ditahan selama kekisruhan pasca pemilihan akan dibebaskan hari Rabu.

Jurubicara itu mengatakan Saeed Hajjarian akan dibebaskan menyusul perintah minggu ini dari Kepala Kehakiman Iran, Mahmoud Hashemi Sharoudi, untuk mempercepat tinjauan kasus-kasus reformis yang ditahan.

Juga Rabu, kantor berita resmi Iran mengatakan dua fotografer yang ditahan bulan ini dan dituduh punya hubungan dengan sebuah gerakan yang tidak disebut namanya serta berusaha menggulingkan rejim di Iran.

Laporan itu mengatakan orang-orang itu, Majid Saeedi fotografer free lance untuk Getty Images dan Satyar Emami fotografer lokal, telah mengirimkan foto-foto dari kerusuhan Teheran kepada media asing.

Keduanya ditangkap bulan ini ketika terjadi penumpasan unjuk rasa.

Selasa, penguasa Iran membebaskan 140 orang yang ditahan menyusul pemilihan kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Seorang anggota parlemen Iran mengatakan 150 orang lainnya masih ditahan dan menghadapi tuduhan lebih serius dibandingkan mereka yang dibebaskan.


XS
SM
MD
LG