Tautan-tautan Akses

Filipina Tetapkan Harga Obat Tertentu untuk Bantu Warga Miskin


Pemerintah Filipina akan memberlakukan kontrol harga atas sejumlah obat-obat penting yang bisa menyelamatkan nyawa pasien.

Kata pejabat, Presiden Filipina Gloria Arroyo hari Selasa menanda-tangani perintah pengontrolan harga itu atas sejumlah obat paten untuk mengobati tekanan darah, kolesterol dan kanker.

Perusahaan-perusahaan pembuat obat yang beroperasi di Filipina sebelumnya sepakat akan mengurangi harga 16 jenis obat yang paling banyak dipakai, sampai 50 persen. Tapi pengurangan harga itu masih dianggap kurang, sehingga pemerintah memberlakukan peraturan khusus tentang harga-harga obat itu.

Tindakan ini ditujukan untuk membantu jutaan orang Filipina yang miskin yang hidup dengan penghasilan kurang dari satu dollar sehari.

Tapi industri farmasi memperkirakan, kontrol harga yang diperintahkan pemerintah itu akan mengakibatkan turunnya keuntungan antara 150 sampai 200 juta dollar per tahun. Kata jurubicara perusahaan farmasi, pengawasan harga itu juga akan merugikan perusahaan obat yang lebih kecil dan mungkin akan mempengaruhi berbagai industri lainnya.


XS
SM
MD
LG