Tautan-tautan Akses

Anggota parlemen Inggris: Pemerintah Harus Libatkan Hamas


Para pembuat kebijakan Inggris merilis sebuah laporan yang mendesak pemerintah agar melakukan pembicaraan dengan tokoh-tokoh moderat di kelompok militan Palestina , Hamas, yang menguasai Jalur Gaza.

Komisi Luar Negeri Parlemen Inggris menyatakan kebijakan pemerintah saat ini untuk tidak berunding dengan Hamas hanya mencapai sedikit kemajuan.

Laporan yang diterbitkan hari Minggu itu menegaskan kembali rekomendasi yang dikeluarkan Komisi tersebut dua tahun silam.

Inggris dan negara-negara barat lainnya menolak kontak dengan Hamas yang tidak bersedia meninggalkan kekerasan, mengakui Israel atau menerima perjanjian damai sementara.

Di antara kuartet penengah perdamaian Timur Tengah, yakni Rusia, Amerika Serikat, dan Uni Eropa, hanya Rusia yang melakukan pembicaraan dengan Hamas.

Akan tetapi Komisi Inggris itu menyatakan proses perdamaian yang diupayakan kuartet untuk membujuk Hamas akan sulit dicapai tanpa kerjasama lebih besar dari Hamas sendiri.
Komisi tersebut menyatakan khawatir Kuartet tidak mampu memberi insentif lebih besar bagi Hamas agar bersedia mengubah sikapnya.


XS
SM
MD
LG