Tautan-tautan Akses

Warga Kurdi Irak Tunggu Hasil Pemilu


Penghitungan suara resmi sedang berlangsung setelah pemilu di wilayah Kurdistan Irak, yang bisa berdampak permanen bagi daerah otonomi itu dan terhadap hubungannya dengan Baghdad.

Surat suara sedang dihitung di ibukota Irak. Hasilnya diperkirakan akan diketahui dalam dua atau tiga hari, namun ketua pemilihan wilayah Kurdistan (Faraj al-Haidari) memperingatkan bahwa masalah teknis dapat menunda hasil resmi selama beberapa minggu.

Para pejabat pemilu setempat mengatakan angka awal menunjukkan bahwa lebih dari 78 persen pemilih yang berhak, memberikan suara hari Sabtu.

Wilayah Kurdistan di Irak utara telah terperangkap dalam sengketa sengit mengenai pertanahan dan minyak dengan Baghdad.

Setelah memberikan suaranya, Presiden yang memegang jabatan di Kurdistan saat ini, Massoud Barzani mengatakan, ia "tidak akan berkompromi mengenai Kirkuk." Ia mengulangi pembelaannya atas rencana yang disusun dalam konstitusi Irak tahun 2005, bagi penyelesaian masalah kontrol atas daerah kaya minyak itu.

Sementara itu, Perdana Menteri Kurdistan di Irak, Nechirvan Barzani, berjanji akan menyelesaikan sengketa itu melalui perundingan.



XS
SM
MD
LG