Tautan-tautan Akses

Presiden Terguling Honduras akan ke Washington Selasa


Seorang jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika, Philip Crowley mengatakan Presiden terguling Honduras Manuel Zelaya akan datang ke Washington, Selasa.

Washington dan Organisasi Negara-Negara Benua Amerika [OAS] , yang berbasis di Washington, telah meminta pemimpin yang terguling itu agar bersabar dan jangan kembali ke Honduras sendirian, karena khawatir ini akan menjerumuskan negara itu ke dalam kekacauan.

Namun, pemimpin terguling itu memasuki kembali Honduras Jumat dengan melangkah ke seberang perbatasan, kemudian kembali ke Nicaragua tidak lama kemudian, untuk menghindari kemungkinan penangkapan.

Presiden Sementara Honduras Roberto Micheletti mengecam apa yang disebutnya usaha Zelaya memasuki perbatasan untuk menarik perhatian media. Pemimpin Sementara Honduras itu Jumat mengatakan lewat TV pemerintah bahwa tindakan Zelaya itu membuktikan bahwa dia tidak bertanggung-jawab dan membahayakan jiwa orang-orang lain demi kepentingannya sendiri.

Menteri Luar negeri Amerika Hillary Clinton menyebut tindakan Zelaya itu gegabah, dan mengatakan itu tidak membantu pemulihan ketertiban demokrasi dan undang-undang dasar bagi Honduras.

Sebelumnya, Zelaya mengendarai jeep melintasi Nicaragua utara ke sebuah kota perbatasan yang kecil. Dari sana Zelaya berjalan kaki ke Honduras.


XS
SM
MD
LG