Tautan-tautan Akses

Israel Tak Akan Bongkar Tembok Pembatas di Tepi Barat


Tembok pembatas yang dibangun Israel di Tepi Barat tidak akan dibongkar, walaupun aksi-aksi kekerasan di kawasan pendudukan itu telah menurun, kata PM Benyamin Netanyahu.

Kata Netanyahu kepada parlemen hari Rabu, keadaan aman di Tepi Barat disebabkan adanya tembok pemisah itu, dan adanya perbaikan keamanan yang dijalankan Palestina.

Komentar Netanyahu itu dikeluarkan setelah para pejabat Palestina dilaporkan minta Amerika supaya mendesak Israel untuk membongkar tembok-tembok pembatas itu karena keamanan di Tepi Barat telah membaik. Laporan itu disiarkan oleh suratkabar Israel Maariv.

Israel mulai mendirikan tembok-tembok pemisah itu ketika pemberontakan Palestina mencapai puncaknya, karena katanya, tembok itu perlu untuk menghentikan masuknya pengebom bunuh diri ke Israel. Tapi Palestina mengatakan, tembok pembatas itu adalah untuk merebut tanah Palestina, sehingga akan sulit membentuk negara Palestina yang kuat.

Mahkamah internasional tahun 2004 mengeluarkan keputusan yang tidak mengikat bahwa tembok pemisah itu tidak sah karena dipasang di kawasan pendudukan.


XS
SM
MD
LG