Tautan-tautan Akses

WN AS, Australia, Kanada dan Selandia Baru Jadi Korban Bom Jakarta


Sedikitnya delapan orang tewas dan sedikitnya 50 lainnya luka-luka dalam dua aksi pengeboman yang nyaris bersamaan di dua hotel mewah di Jakarta. Menko Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia, Widodo Adi Sucipto, mengatakan, ledakan yang melanda hotel Ritz-Carlton dan Marriott disebabkan bom berdaya ledak tinggi dan hanya berselang beberapa menit.

Diantara korban, terdapat warga Amerika, Australia, Kanada dan Selandia Baru. Sebuah bom yang tidak meledak ditemukan kemudian di dalam Hotel Marriot.

Kepala Kepolisian Jakarta Wahyono mengatakan, para pelaku tinggal di hotel itu sebagai tamu hotel. Belum ada yang mengaku bertanggungjawab, namun serangan-serangan serupa di masa lalu dianggap perbuatan jaringan terror Asia Tenggara Jemaah Islamiyah. Pihak berwenang mengatakan serangan terbaru itu kemungkinan perbuatan orang yang diduga ahli bom kelompok itu, Noordin Mohammed Top.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, pengeboman itu merupakan perbuatan teroris, dan ia bertekad akan menangkap mereka yang bertanggungjawab atas pengeboman itu. Di Washington, presiden Obama menyampakan bela sungkawa kepada para korban dan anggota keluarga mereka.



XS
SM
MD
LG