Tautan-tautan Akses

Sebagian Pengungsi di Pakistan Mulai Pulang Ke Lembah Swat


Ratusan keluarga yang mengungsi di Pakistan barat-laut telah kembali ke Lembah Swat yang dilanda pertempuran itu hari Selasa, sementara pertempuran antara militan dan pasukan pemerintah serta lasykar suku yang pro-pemerintah di daerah itu berlanjut.

Pihak berwajib Pakistan mengatakan bahwa sebegitu jauh, lebih dari 900 keluarga telah dipulangkan ke rumah mereka dalam program pemulangan yang diatur pemerintah dan mulai hari Senin.

Tetapi, ribuan orang tidak mau meninggalkan kamp pengungsi, karena khawatir akan keamanan dan ketidak-pastian mengenai keadaan kehidupan di kota-kota mereka yang telah dirusak oleh perang. Sebagian mengatakan mereka tidak mau pergi sampai mereka memperoleh bantuan keuangan yang dijanjikan.

Sekalipun pemerintah telah menyebut serangan di Swat berhasil, pertempuran dengan lasykar Taliban di daerah itu terus berlanjut. Hari Selasa, suku yang pro-pemerintah menewaskan 23 militan di daerah suku terpencil Mohmad dekat perbatasan Afghanistan.

Militan juga menyergap truk tangki minyak NATO di daerah suku terpencil Khyber, menewaskan dua orang sipil dan melukai 3 lainnya.


XS
SM
MD
LG