Tautan-tautan Akses

KTT Gerakan Non-Blok Dibuka di Mesir


Para pemimpin dari seluruh dunia berada di kota peristirahatan pantai Laut Merah Sharm el-Sheikh, Mesir, untuk menghadiri pembukaan pertemuan puncak Gerakan Non-Blok.

Presiden Mesir Hosni Mubarak akan membuka KTT dua hari itu hari Rabu. Temanya adalah "Solidaritas Internasional untuk Perdamaian dan Pembangunan."

Gerakan itu mempunyai 118 negara anggota, dan pertemuan puncak tersebut mendatangkan para pemimpin dari Afrika, Timur-Tengah, Asia, Amerika Latin dan Eropa.

Gerakan Non-Blok mengatakan pertemuan puncak pertamanya tahun 1961. Gerakan tersebut dibentuk oleh negara-negara berkembang yang memilih untuk tidak bersekutu dengan Amerika Serikat atau Uni Soviet dalam zaman politik Perang Dingin.

Pertemuan tingkat menteri dua hari telah berakhir hari Selasa. Menteri Luar Negeri India Shiv Shankar Meon bertemu hari Selasa dengan Menteri Luar Negeri Pakistan Salim Bashir, sementara kedua negara nuklir yang bersaingan itu berusaha memperbaiki hubungan yang dirusak serangan teror di Mumbai, India, tahun lalu.


XS
SM
MD
LG