Tautan-tautan Akses

Peluncuran Pesawat Antariksa Endeavour Mungkin Hari ini Karena Cuaca


Badan antariksa Amerika, NASA, mengatakan badai-guntur mungkin akan menangguhkan rencana peluncuran pesawat antariksa Endeavour hari Sabtu menuju Stasiun Antariksa Internasional dalam misi konstruksi.

NASA mengeluarkan pertimbangannya hari Jumat ketika peramal cuaca memperkirakan badai dapat mengganggu peluncuran malam hari dari Pusat Antariksa Kennedy di Florida. Pejabat cuaca NASA mengatakan keadaan diperkirakan akan cerah dalam hari-hari mendatang, kalau awak yang beranggotakan 7 orang astronot itu perlu menunggu sampai hari Minggu atau Selasa.

Pesawat Endeavour semula direncanakan terbang ke antariksa bulan lalu, tetapi dibatalkan karena kebocoran bahan bakar hidrogen. Para pejabat yakin mereka telah menyelesaikan masalah itu, yang terjadi pada saluran ventilasi hidrogen di landasan peluncuran.

Lima kali kegiatan di luar pesawat di antariksa direncanakan untuk misi 16 hari itu untuk memasang komponen terakhir modul antariksa Jepang, yang bernama Kibo, dan melakukan pekerjaan lain di stasiun antariksa.

XS
SM
MD
LG