Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton Minta Korut Ampuni Wartawati AS


Menteri LN Amerika Hillary Clinton mengatakan, ia mengharapkan Korea Utara memberi pengampunan kepada dua jurnalis Amerika yang dipenjarakan karena memasuki negara itu secara gelap.

Clinton mengatakan, kedua jurnalis itu telah mengungkapkan penyesalan besar atas tindakan mereka. Hari Jumat, Clinton menyerukan agar Korea Utara mengizinkan Euna Lee dan Laura Ling kembali ke keluarga mereka sesegera mungkin, dengan mengatakan “semua pihak sangat menyesali kejadian ini.” Clinton mengeluarkan pernyataan itu dalam sebuah pertemuan dengan para pegawai Departemen LN Amerika di Washington.

Pemerintahan Obama sebelumnya mendesak pembebasan dua wartawati itu atas dasar kemanusiaan.

Ling yang berusia 32 tahun dan Lee yang berusia 36 tahun dihukum 12 tahun kerja paksa karena melintasi perbatasan menuju Korea Utara secara gelap bukan Maret.

Sebelumnya pekan ini, laporan-laporan berita mengutip Ling yang mengakui kepada saudara perempuannya melalui telepon bahwa ia dan sejawatnya melanggar hukum Korea Utara. Ling mengatakan mereka sekarang membutuhkan bantuan pemerintah Amerika. Ia mengatakan, baik ia maupun temannya belum diserahkan ke kamp kerja paksa.




XS
SM
MD
LG