Tautan-tautan Akses

Negara-Negara Industri dan Berkembang Sepakat Soal Pemanasan Bumi


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan negara-negara industri dan berkembang telah mencapai kesepakatan bersejarah tentang perlunya mengadakan tindakan segera untuk mengatasi pemanasan bumi.

Presiden Amerika itu mengatakan para pemimpin 17 negara yang bertemu di L'Aquila, Italia, membuat langkah penting dalam mempersiapkan pertemuan internasional bulan Desember mendatang di Copenhagen untuk mengatasi perubahan iklim.

Perdana Menteri Australia Kevin Rudd mengatakan para peserta sepakat untuk mendirikan Global Capture and Storage Institute, yakni suatu lembaga yang menangani koordinasi berbagai upaya mengatasi pemanasan bumi. Lembaga itu nantinya bermarkas di Australia.

Para pejabat Amerika mengatakan kesepakatan itu menandai pertama kalinya negara-negara berkembang berjanji akan mengambil langkah-langkah untuk secara berarti mengurangi emisi karbon yang menjadi penyebab pemanasan bumi.

Sebelumnya, para pemimpin G8 bertemu di L'Aquila dengan para kepala negara dari Brazil, Tiongkok, India, Meksiko dan Afrika Selatan guna membahas pentingnya menyelesaikan perundingan perdagangan bebas Putaran Doha yang macet, selambat-lambatnya akhir tahun depan.


XS
SM
MD
LG