Tautan-tautan Akses

Israel Optimistik Tentang Proses Perdamaian


Menteri pertahanan Israel, Ehud Barak mengatakan negaranya dan Amerika telah membuat kemajuan dalam upaya diplomasi untuk memulai proses perdamaian regional.

Keterangan ini diucapkannya selesai pembicaraan di London hari Senin dengan Utusan Khusus Amerika untuk Timur Tengah, George Mitchell. Dalam pernyataan bersama, kedua pihak mengukuhkan lagi tekad bersama untuk mencapai perdamaian antara Israel dengan Palestina, Syria dan Libanon.

Tetapi Barak juga mengatakan masih ada yang harus ditempuh sebelum perundingan damai dapat dimulai lagi. Keduanya sepakat Israel dan tetangganya negara-negara Arab perlu melakukan serangkaian langkah membangun kepercayaan.

Barak dan Mitchell mendesak Palestina mengakhiri hasutan menentang Israel dan agar memperbaiki keamanan di daerah yang dikuasainya di mana militan anti Israel masih tetap aktif. Mereka juga menghimbau negara-negara Arab mulai membuka hubungan dengan Israel.

Di samping itu, mereka sepakat bahwa Israel harus memberi kebebasan bergerak yang lebih besar kepada warga Palestina di Tepi Barat dan menindak kegiatan permukiman Yahudi di wilayah pendudukan.


XS
SM
MD
LG