Tautan-tautan Akses

Pemimpin Tertinggi Iran Peringatkan Barat


Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei telah memperingatkan negara-negara Barat jangan mencampuri masalah dalam negeri Iran. Ia menegaskan hari Senin bahwa Iran akan menjawab dengan tangan besi pada negara asing yang mencoba menunggangi perpecahan dalam negeri akibat pemilihan presiden bulan lalu yang hasilnya disengketakan.

Ayatollah Khamenei mengakui terpilihnya kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad membangkitkan amarah di kalangan para saingan dan pendukung mereka. Tetapi Ayatollah Khamenei menggambarkan isu itu sebagai pertikaian keluarga.

Sekelompok ulama pro reformasi di kota Qom mengatakan hari Minggu pihaknya menganggap pemilihan itu tidak berlaku. Kelompok menuduh Dewan Wali yang mengawasi pemilihan itu gagal melakukan penyelidikan secukupnya atas semua komplain yang diajukan para calon yang kalah bahwa pemilihan berjalan curang.

Pemerintah Iran menuduh Inggris menghasut timbul keresahan menyusul pemilihan tanggal 12 Juni lalu. Sekaitan dengan itu Iran menangkap sembilan warga Iran pegawai setempat Kedutaan Besar Inggris di Teheran bulan lalu. Kecuali seorang, semua kini sudah dibebaskan.



XS
SM
MD
LG