Tautan-tautan Akses

Kekerasan Terjadi di Bandara Tegucigalpa Sementara Zelaya Menuju Honduras


Protes disertai kekerasan teradi di bandara ibukota Honduras dan telah menewaskan satu orang dan beberapa lainnya luka-luka, sementara Presiden Honduras yang digulingkan Manuel Zelaya berusaha pulang setelah seminggu hidup di pengasingan. Seorang cameraman untuk al-Jazeera melihat jenazahnya dan menggambarkannya sebagai anak muda.

Kekerasan terjadi ketika berlangsung konfrontasi antara pasukan keamanan dan ribuah pendukung Zelaya, yang berbaris ke bandara internasional Tegucigalpa.

Pesawat Zelaya diperkirakan akan mendarat tak lama lagi di bandara, meskipun ada peringatakan dari pemerintahan sementara bahwa presiden yang digulingkan itu akan ditangkap kalau sampai di Honduras. Berbicara dari pesawat yang menerbangkannya ke Honduras, Zelaya menyerukan agar fihak militer Honduras bekerja sama dengan usahanya untuk kembali memegang kekuasaan.

Pemerintah sementara Honduras mengatakan sebelumnya fihaknya memerintahkan pesawat yang mengangkut Zelaya agar mengubah arah dan terbang ke El Salvador.

Sementara itu Presiden Nicaragua membantah tuduhan dari pejabat presiden Honduras Roberto Micheletti bahwa pasukan Nikaragua sedang mendekati perbatasan Honduras. Presiden Daniel Ortega mengatakan tuduhan semacam itu benar-benar palsu.



XS
SM
MD
LG