Tautan-tautan Akses

Obama Inginkan Kerangka Persetujuan Pembatasan Persenjataan Baru di Moskow


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan ia berusaha memperoleh sebuah kerangka persetujuan pembatasan persenjataan baru dengan Rusia selama KTT dua hari di Moskow.

Obama dan Presiden Rusia Dmitri Medvedev telah menyerukan penyusunan persetujuan baru menggantikan Persetujuan Pembatasan Persenjataan Strategis tahun 1991, yang akan kadaluwarsa Desember mendatang.

Obama mengatakan kepada televisi Rusia, sasarannya adalah mengurangi senjata nuklir sedemikian rupa sehingga tidak merugikan baik Amerika maupun Rusia.

Ia mengatakan persetujuan baru itu harus mampu mengurangi ketegangan dan mengurangi biaya tinggi yang diperlukan untuk mengelola inventaris senjata nuklir yang besar, yagn katanya tidak dibutuhkan untuk pertahanan Amerika.

Medvedev mengatakan ia optimis akan tercapai kesepakatan persenjataan baru. Tetapi katanya, Amerika harus melakukan kompromi bagi rencana sitem pertahanan misil untuk Eropa Tengah.

Presiden Obama dan Medvedev bertemu Senin di Kremlin. Obama juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Vladimir Putin di rumahnya, diluar kota Moskow hari Selasa.



XS
SM
MD
LG