Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Marah kepada Para Pemimpin Birma


Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa, Ban Ki Moon mengatakan, ia sangat kecewa bahwa pemimpin militer Birma menolak permintaannya untuk bertemu dengan pemimpin demokrasi yang dipenjara, Aung San Suu Kyi di Rangoon.

Berbicara di Thailand hari Sabtu, setelah menyelesaikan kunjungan dua hari di Birma, Ban Ki Moon mengatakan, pihak penguasa Birma kehilangan kesempatan sangat penting.

Ban Ki Moon bertemu dua kali dengan Penguasa Militer Birma, Jenderal Than Shwe dalam lawatan itu.

Ia mengecam pimpinan militer Birma, dengan mengatakan, keadaan hak asasi di Birma sangat mencekam. Ia juga mendesak pemerintah Birm agar membebaskan semua tahanan politik.

Tetapi, Sekretaris Jenderal PBB tersebut mengatakan, dengan ditolaknya permintaan untuk bertemu dengan Aung San Suu Kyi tidak berarti kunjungan itu sia-sia, dan dikatakannya, ia yakin Pemerintan Birma akan mempertimbangkan usulnya dengan serius.

Di London, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown mengutuk sikap keras kepala Pemerintah Birma dan hal itu memperbesar kemungkinan masyarakat internasional mengenakan sanksi lebih lanjut terhadap rezim militer tersebut.


XS
SM
MD
LG