Tautan-tautan Akses

Uni Afrika Tolak Kerjasama dengan Mahkamah Internasional


Para pemimpin Afrika menyetujui resolusi tidak akan bekerjasama dengan Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) yang menghendaki presiden Sudan, Omar al-Bashir ditangkap karena dituduh melakukan kejahatan perang. Resolusi disetujui dengan suara bulat dalam KTT di Libia hari Jumat. Dikatakan di situ bahwa para anggota Uni Afrika tidak akan bekerjasama menangkap dan menyerahkan presiden Sudan kepada Mahkamah.

Jaksa Mahkamah menuduh Bashir selaku otak kampanye perkosaan, pembunuhan dan kejahatan lain terhadap warga sipil di daerah Darfur, Sudan di mana pasukan pemerintah bertempur melawan pemberontak sejak tahun 2003.

Sebelumnya pada hari sama, para pemimpin Afrika sepakat memperbesar kekuatan Uni Afrika dalam langkah menuju pembentukan Negara Afrika Serikat yaitu wawasan yang sudah lama ada pada ketua Uni Afrika sekarang – pemimpin Libia, Moammar Gadhafi.

Langkah itu dirancang untuk memberi Uni Afrika kekuatan mengkordinasi upaya keamanan dan diplomatik termasuk kebijakan perdagangan dan pertahanan.



XS
SM
MD
LG