Tautan-tautan Akses

Ratusan Orang Bakar Bendera Amerika di Baghdad


Ratusan orang Irak berteriak-teriak dan membakar bendera Amerika di jalan-jalan di Baghdad memprotes kunjungan Wakil Presiden Amerika, Joseph Biden.

Pengikut ulama Syiah anti Amerika Moqtada al-Sadr itu bergerak melalui daerah kumuh Kota Sadr hari Jumat pada waktu Wakil Presiden Biden meminta para pemimpin faksi politik di Irak menyelesaikan perselisihan mereka.

Biden sedang melawat di Irak yang pertama oleh seorang pejabat tinggi Amerika sejak pasukan Amerika ditarik dari kota besar dan kecil di Irak. Ia mengatakan penarikan pasukan hanya sebagian dari proses itu. Para pemimpin Irak, katanya, harus dapat mengatasi semua isu termasuk apa yang harus diperbuat dengan hasil minyak dan pertikaian perbatasan.

Hari Jumat Biden bertemu dengan panglima pasukan Amerika di Irak, Jenderal Ray Odierno dan dijadwalkan melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Nouri al-Maliki dan Presiden Jalal Talabani.

Sementara, Wapres Joseph Biden mengatakan Irak telah berjalan jauh namun masih akan menghadapi jalan yang sulit di masa depan jika ingin mencari perdamaian dan keamanan yang abadi. Ia mengemukakan hal ini selesai bertemu Perdana Menteri Nouri al-Maliki hari Jumat.

Biden mengatakan, Perdana Menteri Maliki benar ketika mengatakan Irak mesti menggunakan proses politik untuk menyelesaikan perselisihan yang masih ada. Dan Amerika, katanya, senantiasa siap membantu dalam proses itu.

Tetapi seorang pejabat senior Amerika mengatakan Biden juga mengingatkan Irak bahwa Amerika akan menjauhkan diri jika kekerasan sektarian dan etnis meningkat di Irak.



XS
SM
MD
LG