Tautan-tautan Akses

Sarkozy Desak Israel Hentikan Pembangunan Pemukiman Yahudi di Tepi Barat


Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mendesak perdana menteri Israel agar menghentikan pembangunan perumahan Yahudi di Tepi Barat.

Sarkozy mengambil sikap yang sama dengan pemerintahan Obama mengenai hal itu, dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Pemimpin Israel itu menanggapinya dengan menyatakan lagi maksudnya untuk terus membangun dalam pemukiman yang sudah ada di Tepi Barat untuk menampung pertambahan alamiah penduduk Israel.

Pertemuan Netanyahu dengan utusan Amerika untuk Timur Tengah, George Mitchell, ditangguhkan hari Rabu. Perdana menteri itu mengatakan kedua pihak perlu menjelaskan masalah-masalah yang tidak disebutkannya, dan Mitchell akan bertemu dengan Menteri Pertahanan Ehud Barak pekan depan di Washington.

Presiden Amerika Barack Obama telah berkali-kali meminta kepada Israel agar menghentikan semua pembangunan pemukiman. Hari Rabu, Perdana Menteri Netanyahu mengemukakan Amerika Serikat dan Israel masih mempunyai ikatan yang kuat walaupun berbeda pandangan mengenai masalah itu.

XS
SM
MD
LG