Tautan-tautan Akses

Rakyat dan Tentara Pakistan Mulai Bersatu Lawan Taliban


Utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan menghadapi pertanyaan-pertanyaan lagi dari para anggota Kongres Amerika yang prihatin akan strategi baru Washington di kedua negara.

Di hadapan komisi Kongres hari Rabu, Richard Holbrooke berusaha menghilangkan keprihatinan itu. Dengan menyebut Pakistan prioritas strategi, ia mengatakan bahwa sudah ada perubahan penting dalam sikap warga Pakistan yang telah beralih memusuhi Taliban.

Holbrooke mengatakan para politisi dan tentara negara itu sekarang sudah bersatu dan pendapat umum sudah mulai mencapai kesepakatan.

Ia mengingatkan bahwa daerah-daerah Pakistan yang tidak dapat dicapai pasukan darat Amerika tetap sebagai tempat berlindung Taliban dan al-Qaida, dan bahwa sebelum tempat-tempat ini dilenyapkan, keberhasilan di Afghanistan tidak akan tercapai.

Juga dibicarakan adalah perubahan strategi dalam memerangi Taliban di Afghanistan untuk mengurangi korban sipil. Para anggota Kongres Amerika menyambut baik keputusan itu, dengan mengatakan kemenangan tidak mungkin tanpa memenangkan hati dan pikiran kaum sipil Afghanistan.


XS
SM
MD
LG