Tautan-tautan Akses

Putra Pemimpin Korut Diangkat Untuk Pimpin Polisi Rahasia


Laporan suratkabar Korea Selatan mengatakan pemimpin Korea Utara Kim Jong Il telah mengangkat putranya untuk memimpin kepolisian rahasia negara itu.

Laporan dalam harian Dong-a Ilbo itu, yang didasarkan pada informasi dari sumber yang tidak disebut namanya, mengatakan Kim berkunjung ke Departemen Keamanan Negara Korea Utara bulan Maret, bersama putranya Kim Jong Un. Laporan itu mengatakan bahwa dalam kunjungan tersebut ia mengatakan kepada para pemimpin badan itu agar memandang putranya sebagai kepala badan tersebut. Kim juga memerintahkan para anggota badan itu agar melindungi putranya dengan nyawa mereka sebagaimana telah mereka lakukan baginya di masa lampau.

Laporan itu menambahkan bahwa Kim memberi hadiah kepada para pejabat badan itu 5 mobil mewah impor yang bernilai 80 ribu dolar masing-masing. Suratkabar itu mengatakan Departemen Keamanan Negara Pyongyang, yang menindak para pengeritik pemerintah dan melakukan operasi mata-mata di luar negeri, telah berada di bawah pimpinan Kim sejak tahun 1987.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan Kim, yang kabarnya menderita stroke Augustus lalu, telah menunjuk putranya untuk menggantikannya.

XS
SM
MD
LG