Tautan-tautan Akses

Obama: AS Siap Hadapi Ancaman Apapun oleh Korea Utara


Presiden Amerika Barack Obama mengatakan pemerintahnya dan militer Amerika "siap sepenuhnya untuk menghadapi kemungkinan apapun" yang melibatkan Korea Utara – termasuk kemungkinan peluncuran rudal jarak jauh ke Hawaii.

Dalam wawancara televisi dengan CBS News yang akan diudarakan hari Senin waktu Amerika, Obama mengatakan masyarakat internasional bersatu melawan aksi provokasi Korea Utara.

Ditanya mengenai laporan-laporan bahwa Pyongyang sedang menyiapkan peluncuran rudal jarak jauh ke Hawaii pada awal Juli, Obama mengatakan dia tidak ingin "berspekulasi mengenai hipotesis." Namun menurutnya ia ingin meyakinkan rakyat Amerika bahwa Washington siap menghadapi ancaman apapun dari Korea Utara.

Hari Minggu, media Korea Selatan melaporkan sebuah kapal Korea Utara yang dicurigai mengangkut misil atau suku cadang terkait yang merupakan pelanggaran terhadap sanksi PBB tampaknya sedang menuju Birma.

Jaringan berita Korea Selatan YTN mengutip sumber-sumber intelijen yang tidak disebutkan identitasnya mengatakan bahwa kapal perusak Amerika USS John S. McCain membuntuti kapal bernama Kang Nam itu.

XS
SM
MD
LG