Tautan-tautan Akses

Negara-Negara Barat Bantah Campur Tangan dalam Kekerasan di Iran


Inggris membantah keras tuduhan pemerintah Iran bahwa negara-negara Barat mendorong berlangsungnya kekerasan pascapemilu Iran.

Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband hari Minggu mengatakan bahwa ia menolak mentah-mentah dugaan bahwa negara-negara asing menggerakkan para demonstran di Iran. Kementerian Luar Negeri Iran menuduh Inggris berusaha mengacaukan pemilu 12 Juni.

Sementara itu, Iran mengusir koresponden tetap media Inggris BBC di Teheran, setelah menyatakan BBC dan Voice of America, VOA, merekayasa huru-hara pascapemilu yang tengah berlangsung.

Direktur VOA Dan Austin menolak tuduhan Iran, seraya menyatakan "Voice of America berusaha keras untuk menyampaikan berita dan informasi yang akurat, menyeluruh dan layak dipercaya bagi rakyat Iran."

Ia juga mendesak pemerintah Iran agar menghentikan berbagai upaya "membatasi aliran bebas informasi bagi rakyatnya."

Pihak berwenang Iran telah membatasi dengan ketat peliputan media independen mengenai protes yang dilakukan oposisi. Para saksi berbagai peristiwa itu memanfaatkan situs Internet dan telepon untuk melaporkan apa yang mereka lihat di jalan-jalan.

XS
SM
MD
LG