Tautan-tautan Akses

Larijani Imbau Opini Oposisi Dihargai


Media Iran memberitakan bahwa ketua parlemen Ali Larijani menyatakan mayoritas rakyat Iran meyakini hasil pemilu nasional negara itu tidak akurat, dan ia mengatakan pendapat mereka harus dihargai.

Menurut berita itu, Larijani mengatakan ada perbedaan tegas antara mereka yang mempertanyakan hasil pemilu dan mereka yang jahat dan berbuat kerusuhan. Ketua parlemen juga menyatakan badan tertinggi yang mengawasi pemilu, Dewan Garda, tidak boleh memihak, dan harus menggunakan semua cara untuk membuat para demonstran percaya bahwa keluhan mereka akan diselidiki secara menyeluruh.

Sebelumnya, televisi pemerintah melaporkan Dewan Garda setuju untuk menghitung ulang 10 persen dari kertas suara secara acak. Penghitungan akan dilakukan di hadapan para utusan para kandidat presiden.

Di jalan-jalan Teheran, hari Sabtu, ribuan warga Iran bentrok dengan polisi, menentang peringatan pemimpin tertinggi negara itu agar menghentikan demonstrasi mengenai hasil pemilu 12 Juni yang disengketakan. Para saksi di ibukota Iran, Teheran, mengatakan, polisi anti-huru-hara menggunakan gas air mata, pentungan dan semprotan air, untuk membubarkan para pendukung kandidat presiden yang kalah, Mir Hossein Mousavi. Para demonstran meneriakkan kata-kata "Matilah Diktator".

Jumlah korban bentrokan di jalan belum jelas. Namun rekaman video amatir yang dimuat di situs internet YouTube menunjukkan para demonstran luka parah akibat konfrontasi dengan polisi.



XS
SM
MD
LG