Tautan-tautan Akses

Obama: Teheran Harus Hentikan Kekerasan dan Ketidak-Adilan


Presiden Amerika, Barack Obama telah meminta Pemerintah Iran agar menghetikan semua tindak kekerasan dan tidak adil terhadap rakyatnya sendiri. Presiden Obama menyampaikan komentar itu dalam pernyataan hari Sabtu, setelah muncul laporan terjadinya bentrokan antara pihak berwajib Iran dan demonstran di Teheran.

Presiden Obama mendesak Iran agar memerintah melalui musyawarah, bukan dengan kekerasan. Ia mengatakan Amerika membela semua orang yang berusaha menjalankan hak universal untuk berkumpul dan mengeluarkan pendapat.

Juga hari Sabtu, ratusan demonstran berkumpul di New York dan Washington untuk mendukung kelompok-kelompok oposisi di Iran.

Lebih dari seribu orang berbaris di jalan-jalan di Hamburg, Jerman. Sebagian pengunjuk rasa membawa pita-pita hijau dan foto-foto demostran yang luka-luka di Iran, sedang yang lain membawa bendera Iran dan poster-poster bertuliskan, "Mana Suara Saya?".

Di Prancis, ribuan orang berkumpul di bagian utara Paris untuk mengadakan rapat umum yang diatur oleh para warga Iran di pengasingan bersama Dewan Nasional Perlawanan Iran.



XS
SM
MD
LG