Tautan-tautan Akses

Rencana Obama Rombak Tata-Keuangan Mendapat Tanggapan Skeptis di Kongres


Rencana Presiden Amerika Barack Obama untuk merombak cara tata-keuangan negara diatur telah menghadapi beberapa pertanyaan skeptis dalam sidang Kongres.

Satu bagian penting rencana itu adalah memberi kepada Bank Sentral Amerika tugas mengawasi perusahaan-perusahaan keuangan yang sangat besar sehingga perusahaan tersebut dapat merusak ekonomi kalau perusahaan itu bangkrut. Beberapa anggota Kongres hari Kamis mengatakan tugas tersebut dapat dilakukan dengan lebih baik oleh sebuah dewan pengawas dari badan-badan yang mengawasi ekonomi.

Tetapi, Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner menolak gagasan itu dengan mengatakan "kita tidak membentuk panitia untuk memadamkan kebakaran." Ia mengatakan rencana pemerintah menyeimbangkan kestabilan dan perlindungan di satu pihak, dan mendorong kreatifitas keuangan di pihak lain.

Sementara itu, beberapa survey nasional menunjukkan rakyat Amerika masih menyukai Presiden Obama, tetapi mempunyai beberapa kekecewaan mengenai kebijakan ekonominya. Satu survey oleh harian Wall Street Journal dan televisi NBC News menunjukkan hampir 70 persen mengatakan mereka prihatin atas intervensi pemerintah dalam ekonomi, termasuk usaha menyelamatkan perindustrian mobil.


XS
SM
MD
LG