Tautan-tautan Akses

Protes Massal Pemilu di Teheran Direncanakan Lagi Hari Ini


Demontransi protes atas pemilihan presiden yang disengketakan di Iran diperkirakan akan diadakan lagi hari ini, setelah calon oposisi yang kalah Mir Hossein Mousavi menyerukan hari berkabung bagi demonstran yang tewas dalam kekerasan purna-pemilu.

Dalam situs internetnya, Mousavi meminta kepada para pendukungnya agar berkumpul untuk mengadakan pawai damai di jalan dan di masjid-masjid. Iran telah mengukuhkan bahwa 7 demonstran tewas hari Senin dalam bentrokan dengan milisi pro-pemerintah. Organisasi ham Amnesty International mengatakan kira-kira 15 orang telah tewas.

Puluhan ribu orang pendukung oposisi berpawai dengan diam melintasi jalan-jalan Teheran kemarin, banyak diantara mereka mengenakan warna hijau – warna kampanye Mousavi. Massa yang berpawai membawa poster tetapi tetap diam untuk menekankan tema damai demonstrasi itu.

Hasil resmi menunjukkan Presiden Mahmoud Ahmadinejad memenangkan pemilu hari Jumat dengan selisih suara yang sangat besar. Tuduhan bahwa pemilu itu dicurangi telah menyulut kerusuhan paling besar di Iran sejak revolusi Islam tahun 1979.

Organisasi-organisasi yang mendukung Ahmadinejad juga mengadakan demonstrasi besar.

XS
SM
MD
LG