Tautan-tautan Akses

Obama Prihatin Hasil Pemilihan Presiden di Iran


Presiden Amerika Barack Obama mengulangi lagi keprihatinannya tentang hasil pemilihan presiden yang dipersengketakan di Iran, tapi ia mengatakan Amerika tidak akan campur tangan.

Kata Obama kepada wartawan di Gedung Putih, ia prihatin atas apa yang disebutnya penindasan demonstrasi damai di Iran. Tapi ia menambahkan, tidak akan campur tangan dalam urusan dalam negeri Iran, mengingat hubungan Amerika-Iran yang buruk dimasa lampau.

Dewan pengawal Iran yang sangat berpengaruh mengatakan akan menghitung kembali sebagian surat-surat suara yang masuk dalam pemilihan presiden hari Jumat karena adanya keluhan bahwa telah terjadi penipuan.

Pendukung presiden Ahmadinejad dan pesaingnya yang kalah, Mir Hussein Musawi mengadakan demonstrasi-demonstrasi besar di Teheran hari Selasa. Kedua kelompok itu telah mengadakan serangkaian aksi unjuk rasa di ibukota sejak diumumkannya hasil pemilu.

Pemimpin agung Iran, Ayatollah Ali Khamenei bertemu dengan wakil-wakil presiden Ahmadinejad dan tiga penantangnya hari ini. Kata ali khamenei, penghitungan kembali surat-surat suara itu akan disaksikan oleh semua wakil calon presiden.



XS
SM
MD
LG