Tautan-tautan Akses

Tabrakan Kapal Selam Tiongkok dan Alat Sonar AS Kemungkinan Kecelakaan


Suratkabar resmi Tiongkok CHINA DAILY hari Senin mengutip pakar-pakar militer negara itu mengatakan bahwa tabrakan yang dikabarkan terjadi pekan lalu antara sebuah kapal selam Tiongkok dengan alat sonar sebuah kapal perusak Angkatan Laut Amerika kemungkinan hanya satu kecelakaan. Kutipan itu diambil CHINA DAILY dari tanggapan para pakar sebuah lembaga penelitian militer Tiongkok sekitar tabrakan di Laut Tiongkok Selatan tersebut.

Yin Zhuo, peneliti senior pada Balai Penelitian Perlengkapan Angkatan Laut Tentara Pembebasan mengatakan bahwa dari laporan itu tampaknya kapal perusak Amerika itu tidak mendeteksi kapal-selam Tiongkok tersebut.

Seorang pejabat militer Amerika yang tidak disebut namanya mengatakan kepada televisi CNN bahwa kapal-selam itu merusak perangkat sonar bawah permukaan air yang diseret kapal perusak Amerika USS JOHN S MACCAIN hari Kamis di perairan dekat Filipina. Ia menambahkan tabrakan itu tampaknya tidak disengaja.

Belum ada konfirmasi mengenai insiden itu dari militer kedua negara. Jurubicara militer Amerika hanya mengkonfirmasi bahwa alat sonar kapal Amerika itu rusak tetapi tidak menjelaskan mengapa sampai rusak.


XS
SM
MD
LG