Tautan-tautan Akses

Militer Selidiki Konspirasi Rongrong Pemerintah Turki


Militer Turki menerangkan pihaknya sedang menyelidiki tuduhan bahwa ada anggotanya berkonspirasi untuk merongrong Partai AK yang memerintah serta partai agama yang bersekutu dengan pemerintah. Hari Senin pihak militer menegaskan, tiap anggotanya yang didapati terlibat dalam yang dituduhkan sebagai komplotan anti pemerintah akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Militer melakukan penyelidikan setelah suratkabar Turki TARAF memberitakan hari Jum'at bahwa pihaknya memperolah dokumen seputar konspirasi itu dan ditandatangani seorang perwira senior Angkatan Laut. Menurut militer, penyelidikan awal tidak menemukan bukti adanya unsur-unsur Staf Umum Angkatan Bersenjata menyiapkan dokumen yang dituduhkan itu.

Suratkabar TARAF memberitakan dokumen itu berisi rencana hendak menggunakan media Turki guna memburuk-burukan Partai AK yang bersendikan Islam dan menimbulkan kekacauan di dalam tubuh partai itu.

Konspirasi militer yang dituduhkan itu juga berencana menaruh senjata di rumah-rumah pengikut ulama berpengaruh dan pro pemerintah Fethullah Gulen untuk membuat organisasinya tampak militan.



XS
SM
MD
LG