Tautan-tautan Akses

Utusan AS Mitchell  Berada di Damaskus


Utusan Amerika George Mitchell berada di Damaskus untuk melakukan pembicaraan, sehubungan dengan usaha Amerika Serikat untuk mendekati Siria.

Mitchell tiba di ibukota Siria itu hari Jumat, persinggahan terakhirnya dalam perlawatan Timur Tengah yang bertujuan untuk menghidupkan kembali proses perdamaian Israel-Palestina yang macet.

Pemerintahan Presiden Amerika Barack Obama sedang menjajaki cara-cara untuk meredakan ketegangan dan memulai kembali diplomasi dengan Siria.

Washington sudah lama menuduh Damaskus membantu kelompok-kelompok seperti Hamas yang dianggap Amerika organisasi teroris. Amerika juga menyatakan keprihatinan akan hak azasi di Siria dan peranannya di Lebanon tetangganya.

Amerika Serikat belum mempunyai dutabesar di Siria karena para pejabat Siria tersangkut dalam pembunuhan mantan Perdana Menteri Lebanon Rafik Hariri. Siria membantah keterlibatan dalam pembunuhan itu.

Mitchell berangkat ke Siria dari Beirut, Lebanon, dimana ia menenangkan para pemimpin bahwa persetujuan perdamaian Timur-Tengah tidak akan dicapai dengan merugikan Lebanon.

XS
SM
MD
LG