Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Warga Iran Penuhi Jalan Teheran Jelang Pemilihan Presiden


Puluhan ribu warga Iran berkumpul hari Senin untuk menunjukkan dukungan pada Presiden Mahmoud Ahmadinejad dan penantangnya Mir Hossein Mousavi menjelang pemilihan presiden hari Jumat.

Para pendukung Ahmadinejad memenuhi ruangan masjid Imam Ruhollah Khomeini, sementara ribuan orang yang mendukung mantan Perdana Menteri Mousavi membentuk rantai manusia sepanjang jalan utama kota.

Rapat umum yang besar itu mencerminkan perkiraan resmi bahwa akan banyak yang akan turut memberi suara.

Survei melalui telepon atas 1001 orang warga Iran yang diadakan bulan lalu mendapati bahwa 34 persen warga Iran tersebut berencana memberi suara untuk Presiden Ahmadinejad. Saingan utamanya, reformis Mir Hussein Mousavi, mendapat 14 persen dukungan, dan 27 persen orang yang disurvei belum menentukan pilihan. Mousavi adalah perdana menteri Iran dari tahun 1981 sampai tahun 1989, ketika jabatan itu dihapuskan.


Institut Kebijakan Umum yang berbasis di Washington menugaskan sebuah perusahaan riset swasta untuk melakukan survei tersebut. Survei itu mendapati bahwa 89 persen responden bermaksud turut memberi suara dalam pemilihan itu.


XS
SM
MD
LG