Tautan-tautan Akses

PBB: Kemajuan Sudah Ada di Sudan, Tapi Pelanggaran HAM Terus Terjadi


Seorang pakar hak azasi PBB mengatakan walaupun sudah ada kemajuan, Sudan masih bersalah melakukan pelanggaran yang keterlaluan hak azasi manusia.

Sima Samar, pelapor khusus PBB mengenai keadaan hak azasi manusia di Sudan, berada 11 hari di negara yang dilanda sengketa itu. Dia mengatakan hari Kamis bahwa sudah ada beberapa kemajuan, termasuk penciptaan forum hak azasi untuk Darfur dan daerah lain, dan adanya pasukan penjaga perdamaian PBB dan Uni Afrika disana.

Tetapi, dia mengatakan dia tetap prihatin mengenai terus adanya pelanggaran hak azasi manusia, termasuk penyiksaan, penangkapan sewenang-wenang dan penyensoran media.

Disamping sengketa di Darfur, dia menekankan masalah di Sudan selatan, dengan mengemukakan sangat besarnya bentrokan antar-suku disana.

Laporan terpisah yang dikeluarkan oleh Small Arms Survey yang berbasis di Swiss menekankan bahwa Sudan selatan tidak dapat mengawasi sengketa dalam-negeri karena Sudan selatan terus memusatkan perhatian pada usaha mempertahankan perbatasannya dengan utara.

XS
SM
MD
LG