Tautan-tautan Akses

Ribuan Unjuk Rasa di Hongkong Peringati Tragedi Tiananmen


Ribuan pengunjuk rasa berpawai melalui jalan-jalan di kota Hongkong menjelang peringatan protes prodemokrasi tahun 1989 di Lapangan Tiananmen, Beijing.

Sekitar 5.000 demonstran berpawai hari Minggu di wilayah Tiongkok, yang membolehkan warga melakukan peringatan peristiwa tahun 1989.

Para demonstran mendesak pemerintah di Beijing agar mengubah putusannya yang mengecam protes Tiananmen sebagai kerusuhan kontrarevolusioner.

Mereka menyerukan keadilan bagi para korban tindakan keras pemerintah Tiongkok pada tanggal 3 dan 4 Juni tahun itu, di mana ratusan, dan barangkali ribuan mahasiswa dan buruh tewas di jalan-jalan di ibukota Tiongkok itu.

Tokoh demonstrasi Tiananmen Xiong Yan, yang tinggal di pengasingannya di Amerika Serikat, bergabung bersama para demonstran Hongkong.

Meskipun Xiong diizinkan memasuki Hongkong, lain halnya dengan pematung Denmark Jens Galshciot . Galshciot membuat patung untuk memperingati para korban Tiananmen.

Kantor berita Perancis AFP mengatakan, sekelompok kecil mahasiswa dari Tiongkok Daratan juga turut serta dalam demonstrasi itu.


XS
SM
MD
LG