Tautan-tautan Akses

Sri Lanka Bela Ofensif terhadap Pemberontak Tamil


Menteri Luar Negeri Sri Lanka membela ofensif yang dilakukan pemerintahnya dalam menumpas pemberontak Macan Tamil, dan menyangkal laporan-laporan bahwa pihaknya telah menggunakan senjata berat di daerah-daerah sipil.

Menteri Rohitha Bogollagama menyampaikan kepada para pakar dan pejabat keamanan yang sedang melakukan pertemuan di Singapura, hari Minggu, bahwa Sri Lanka akan menyelidiki sendiri tuduhan-tuduhan mengenai pelanggaran HAM.

Bogollagama mengatakan, Sri Lanka adalah negara berdaulat yang berlandaskan hukum, dan memiliki sistem peradilan yang independen.

Dia mengatakan, tuduhan bahwa militer Sri Lanka menggunakan senjata berat di zona aman, dibuat-buat untuk mendiskreditkan pihak militer dan pemerintah.

Kata Bogollagama, Sri Lanka merupakan contoh suatu negara yang berhasil menumpas terorisme sekaligus menegakkan demokrasi dan HAM.

Kelompok-kelompok HAM menyatakan telah terjadi pertumpahan darah di Sri Lanka timur laut. Para pejabat PBB mengungkapkan, diperkirakan 7,000 warga sipil tewas dalam serangan akhir di wilayah yang dikuasai pemberontak.



XS
SM
MD
LG