Tautan-tautan Akses

Obama Bela Bantuan Miliaran Dolar bagi Perusahaan Otomotif


Presiden Amerika Barack Obama membela pemberian bantuan pemerintah bagi produsen mobil Amerika General Motors, GM, meskipun perusahaan raksasa itu sedang goyah di ambang kebangkrutan.

Presiden menyampaikan kepada jaringan televisi Amerika NBC bahwa tanpa bantuan pemerintah, GM telah ambruk dan hancur, dan ini akan berdampak luar biasa terhadap perekonomian Amerika yang juga sedang merosot. Wawancara dengan presiden itu direkam hari Jumat dan ditayangkan hari Sabtu.

GM kini menghadapi tenggat waktu hari Senin di Amerika Serikat untuk melakukan perombakan atau menyatakan diri bangkrut. Para pejabat perusahaan bertemu larut malam hingga Sabtu siang untuk menentukan nasib perusahaan mobil itu. Mereka telah menjadwalkan konferensi pers hari Senin.

GM juga sedang berusaha menjual Opel, unit usahanya yang berbasis di Jerman. Hari Sabtu pagi, pemerintah Jerman mengumumkan telah memilih satu kelompok yang dipimpin perusahaan penghasil sukucadang mobil berbasis di Canada, Magna International, sebagai pembeli Opel.

Kanselir Jerman Angela Merkel memuji presiden Obama yang membantu memperantarai kesepakatan itu.


XS
SM
MD
LG