Tautan-tautan Akses

Obama Serukan Pemerintah Birma Bebaskan Suu Kyi


Presiden Amerika Barack Obama mendesak pemerintah militer Birma agar membebaskan pemimpin oposisi Demokratik Birma, Aung San Suu Kyi dari tahanan rumah segera dan tanpa pra-syarat.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih hari Selasa, Obama mengecam tahanan rumah terhadap dirinya. Ia mengatakan peradilan dirinya saat ini dengan tuduhan melanggar persyaratan tahanan rumah merupakan peradilan sandiwara dengan tuduhan tak berdasar.

Pada peradilan hari Selasa, Aung San Suu Kyi mengakui bahwa ia tidak memberitahu penguas militer Birma ketika seorang penerobos warga Amerika berenang melintasi danau dan tiba di rumahnya di Rangoon pada dini hari 4 Mei. Ia mengatakan ia mengijinkan warga Amerika itu, John Yettaw berlindung sementara sampai ia meninggalkan hari berikutnya.

Insiden ini kemudian menyebabkan penguasa menuduhnya melakukan pelanggaran syarat tahanan rumahnya. Di peradilan, pemenang hadiah Nobel itu mempertegas bahwa ia tidak bersalah.

Untuk kedua kalinya selama peradilan berlangsung satu minggu ini, penguasa militer Birma mengijinkan diplomat luar negeri dan wartawan menghadiri sidang pada hari Selasa.



XS
SM
MD
LG