Tautan-tautan Akses

Pemimpin Oposisi Birma Aung San Suu Kyi Memberi Kesaksian


Pemimpin oposisi Birma Aung San Suu Kyi diperkirakan akan memberi keterangan hari Selasa dalam peradilannya dengan tuduhan melanggar persyaratan penahanan rumahnya, dengan mengizinkan seorang penyusup warga Amerika menginap di rumahnya bulan ini.

Pengacara Aung San Suu Kyi mengatakan kepada VOA bahwa ke-3 orang lainnya – dua orang pengurus rumahnya serta warga Amerika John Yetttaw tadi -- yang didakwa bersama pemenang hadiah Nobel Perdamaian itu, juga akan memberi kesaksian. Pengacara tadi mengatakan tim pembela tidak memperoleh kesempatan untuk berembuk dengan para terdakwa sebelum pemberian kesaksian mereka.

Pihak berwenang militer Birma mengatakan mereka akan mengizinkan beberapa peninjau menghadiri sidang hari Selasa. Pihak berwenang mengizinkan diplomat asing dan beberapa wartawan untuk menghadiri peradilan itu satu kali Rabu lalu.

Aung San Suu Kyi telah dalam tahanan rumah selama 13 dari 19 tahun terakhir. Hukuman 6 tahunnya yang sedang berjalan akan habis hari Rabu.

Seorang jurubicara pemerintah militer mengatakan pihak berwenang tadinya sudah mempertimbangkan untuk membebaskannya pekan ini, tetapi membatalkan keputusan itu setelah insiden dimana seorang priya Amerika berenang ke rumahnya. Militer mengatakan insiden tersebut melanggar aturan penahanan Aung San Suu Kyi.

XS
SM
MD
LG