Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan, Pakistan, Iran Buka KTT Mendatang bagi Pihak Lain


Para pemimpin Iran, Afghanistan dan Pakistan telah sepakat dalam pertemuan puncak mereka di Teheran untuk membuka pertemuan-pertemuan berikutnya bagi pihak-pihak lain, kemungkinan mencakup pula Amerika Serikat.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari bertemu hari Minggu untuk membahas isu-isu keamanan regional.

Karzai meminta sejawatnya agar negara-negara lain dapat berpartisipasi dalam pertemuan mendatang, yang kemudian disetujui mereka bersama. Afghanistan sedang berupaya menumpas pemberontakan Taliban yang kian meningkat dan produksi narkotika yang meluas dengan bantuan pasukan NATO yang dipimpin Amerika.

Amerika menginginkan bantuan dari seluruh negara tetangga Afghanistan, termasuk Iran, untuk menstabilkan negara tersebut. Washington tidak memiliki hubungan resmi dengan Teheran selama hampir tiga dekade.

Ahmadinejad memanfaatkan KTT tersebut untuk mengecam kehadiran pasukan asing di kawasan, dengan mengatakan mereka tidak berperan banyak bagi keamanan di kawasan.


XS
SM
MD
LG