Tautan-tautan Akses

Hari Libur Nasional di Srilanka untuk Peringati Kekalahan Macan Tamil


Srilanka merayakan hari libur nasional Rabu ini untuk memperingati kemenangan militer atas para pemberontak Macan Tamil dan berakhirnya perang saudara di negara itu yang telah berlangsung 26 tahun.

Meskipun situasinya meriah, pasukan keamanan tetap dalam siaga tinggi, berjaga-jaga atas kemungkinan terjadinya serangan balasan.

Militer Srilanka mengatakan pasukan pemerintah menembak dan menewaskan delapan pemberontak Tamil di bagian Timur negara itu Rabu ini.

Masyarakat internasional menyambut baik berhentinya pertempuran di Srilanka dan mendesak pemerintah Kolombo agar memulai usaha rekonsiliasi.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan akan berkunjung ke Sri Lanka pekan ini untuk menyaksikan langsung kerusakan akibat perang itu. Ia menyatakan keperihatinan akan kesejahteraan kaum sipil yang mengungsi.

PBB memperkirakan 280 ribu orang telah terpaksa mengungsi akibat pertempuran yang berlangsung selama beberapa bulan terakhir.

Kelompok-kelompok bantuan mengeluh, akses mereka ke kamp-kamp pengungsi yang dioperasikan pemerintah semakin dibatasi dalam beberapa hari terakhir ini.

XS
SM
MD
LG